in Uncategorized

Jasa dan harga pembuatan aplikasi android

Siapa yang tidak memiliki handphone atau smartphone pada zaman serba mobile ini, khususnya smartphone dengan sistem operasi Android. Apalagi ketika munculnya berbagai macam aplikasi mobile seperti Go-Jek, Grab, Traveloka, Tokopedia, Bukalapak dan lain-lain, yang memudahkan para masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya masing-masing. Dan mengubah kebiasaan yang selama ini dilakukan secara tradisional menjadi digital dengan adanya jaringan internet yang tidak ada batasnya.

Melihat hal ini, tentunya Anda tidak ingin kehilangan momentum dan kalah persaingan dengan kompetitor Anda. Dan Anda mulai berpikir untuk memiliki aplikasi android Anda sendiri, baik itu untuk kepentingan pribadi, edukasi, maupun bisnis Anda.

Pertanyaan pertama, tentu saja masalah biaya, berapa sih biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat aplikasi android di Google Play Store, apakah gratis atau berbayar. Agar aplikasi yang Anda buat muncul di Google Play, Anda harus memiliki akun Google Android Developer terlebih dahulu, dan biaya pendaftarannya sebesar $25 (harga per 6 Feb 2020). Setelah pembayaran terverifikasi oleh Google, maka Anda siap mengupload apk dan mempublishnya ke Google Play Store.

Selain itu, untuk membuat aplikasi Android, Anda juga harus menguasai bahasa pemrograman khusus, bisa dengan Android Native, Kotlin, Flutter, React Native, dll tergantung pada aplikasi yang Anda inginkan seperti apa. Jika Anda tidak memiliki background sebagai programmer aplikasi tentu saja Anda akan menggunakan jasa pembuatan aplikasi android seperti WebHade Creative. Untuk biaya jasa membuat aplikasi android, kembali tergantung kepada tingkat kerumitan aplikasi yang Anda inginkan, bisa mulai dari Rp. 850.000,- hingga ratusan juta rupiah.

Rincian biaya pembuatan aplikasi android tersebut pada umumnya terdiri dari:

  1. Biaya akun Google Developer Console untuk publish ke Google Play Store, $25 atau sekitar Rp. 350.000,- (sekali bayar).
  2. Biaya sewa jasa programmer, untuk aplikasi android biayanya dikisaran Rp. 500.000,- sampai Rp. 50.000.000,- tergantung dari jenis fitur aplikasi yang akan dibuat.
  3. Biaya sewa server hosting untuk penyimpanan data, gambar, atau file-file yang digunakan pada aplikasi Android Anda, $5 / bulan atau sekitar Rp. 70.000,- / bulan.
  4. Biaya opsional lainnya, seperti integrasi payment gateway, integrasi kurir jasa pengiriman, dan lain-lain, yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi android Anda nanti.

Selain biaya diatas, juga ada biaya yang perlu Anda keluarkan, yaitu biaya maintenance aplikasi, karena akan percuma, jika aplikasi Android keren yang Anda buat tidak ada yang merawatnya. Biaya maintenance ini sendiri tergantung dari kontrak kesepakatan yang Anda buat dengan perusahaan jasa pembuatan aplikasi android Anda, bisa per tahun atau per bulan tergantung dari seberapa sering Anda akan melakukan update pada aplikasi android Anda, jumlah pengguna aplikasi Anda, apa yang terjadi ketika aplikasi bermasalah dan apa respon tim pembuat aplikasi android Anda, bagaimana Anda menghandle keluhan, saran, dan kritik dari pengguna aplikasi Anda. Dan yang tidak kalah penting dalam memilih perusahaan jasa pembuatan aplikasi adalah komitmen dan kepercayaan yang diberikan kepada Anda, tidak hanya sekedar membuat tapi juga bertanggung jawab.

Demikian informasi mengenai harga atau biaya jasa pembuatan aplikasi android dari kami.

Semoga bermanfaat.

Write a Comment

Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.