in General, Programming

Mengatur SSH Key agar bekerja dengan Git lebih efektif

Jika kalian pernah menggunakan Github, Gitlab, atau Bitbucket, dan memakai repo https url dibandingkan ssh url, pasti kalian akan selalu ditanyakan password setiap kali melakukan clone, pull, atau push ke repository tersebut kan?

Nah kali ini saya akan membagikan sebuah solusi sederhana agar kita tidak perlu repot lagi mengisi password dan tentunya lebih aman dari sisi security juga. Solusinya adalah menggunakan SSH.

Apa itu SSH? googling saja ya, saya tidak akan bahas itu disini 😛

Yang pertama kita lakukan adalah membuat SSH Key untuk laptop / pc kita, caranya cukup mudah, buka terminal atau git bash dan ketikan perintah berikut:

$ ssh-keygen

perintah ini akan membuat 2 file key ssh baru satu file private key (id_rsa) dan satu lagi public key (id_rsa.pub), yang nantinya isi dari file key tersebut bisa kamu masukan ke github/gitlab/bitcbuket. Untuk default lokasi file ini akan tersimpan didalam folder .ssh di home directory kamu, jika linux maka akan tersimpan di /home/namauser/.ssh/, yang mana kamu bisa ubah lokasi penyimpanannya ketika melakukan generate.

Selanjutnya, kita copy isi dari file id_rsa.pub ke repo dengan perintah berikut:

$ cat ~/.ssh/id_rsa.pub

Dan kita seleksi bagian seperti pada gambar berikut, dan tekan ctrl + Ins untuk mengcopy. atau bisa juga dengan klik kanan lalu pilih copy

Setelah itu, buka setting SSH key di github / gitlab / bitbucket, dan pastekan code public key nya, lalu simpan, kira-kira seperti berikut ini:

Github

Gitlab

Bitbucket

Setelah itu, kamu tinggal mengubah url repo dari yang sebelumnya https menjadi ssh. Dan mulai saat ini kamu sudah bisa melakukan clone, pull, push, dll menggunakan SSH

Berikut tips singkat dari saya, semoga bermanfaat.

Write a Comment

Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.