in Bisnis, General

Harga Jasa pembuatan website untuk usaha Anda

Semua yang ada di internet saat ini, tentu saja berada pada sebuah halaman website yang diakses melalui browser seperti Google Chrome, Firefox, Edge, Opera, Brave, dan lain-lain. Halaman website tersebut menampilkan informasi terkait data-data yang Anda perlukan. Website berita seperti akan menampilkan update informasi tentang berita-berita terkini, Ecommerce, marketplace tempat Anda berbelanja kebutuhan pun adalah sebuah website, social media pun sama, sehingga apapun keperluannya, agar dikenal oleh orang-orang di internet, maka wajib hukumnya informasi tersebut dituangkan dalam sebuah halaman website.

Melihat hal ini, tentu saja sangat wajib agar usaha Anda dikenal banyak orang dan tidak kalah persaingan dengan kompetitor Anda. Dan Anda harus sudah berpikir untuk memiliki sebuah website dengan alamat domain / url anda sendiri, baik itu untuk kepentingan pribadi, edukasi, maupun bisnis Anda.

Pertanyaan pertama, tentu saja masalah biaya, berapa sih biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat website, apakah gratis atau berbayar. Selanjutnya, Anda harus mengerti apa saja jika ingin memiliki sebuah website. Untuk memiliki sebuah website ada beberapa opsi yang bisa Anda pilih saat ini, yaitu:

  1. Mempelajari bahasa pemrograman website basic seperti HTML, CSS, dan JavaScript, serta belajar membuat design website sederhana
  2. Menggunakan tools website builder instant, Anda hanya tinggal drag & drop saja tampilan yang diinginkan
  3. Menyewa domain & hosting lalu menggunakan CMS seperti WordPress yang memiliki ratusan plugin untuk menambah fitur pada website
  4. Menyewa jasa pembuatan website profesional untuk membuatkan website sesuai dengan keinginan Anda

Untuk memilih mana opsi terbaik dari pilihan diatas, coba Anda jawab pertanyaan berikut:

  1. Apakah Anda memiliki background sebagai programmer website?
  2. Apakah website yang Anda inginkan memiliki alur proses bisnis yang sederhana ?
  3. Apakah Anda sudah mendapatkan design website yang sesuai dengan keinginan Anda ?
  4. Apakah Anda sudah menemukan solusi dari website builder instant & plugin-plugin WordPress yang telah ada untuk kebutuhan Anda?

Jika jawaban Anda Tidak untuk semua pertanyaan diatas, maka menyewakan jasa jasa pembuatan website profesional seperti WebHade Creative adalah solusi terbaik untuk Anda. Untuk biaya jasa membuat website, kembali tergantung kepada tingkat kerumitan & fitur yang Anda inginkan, bisa mulai dari Rp. 1.000.000,- hingga ratusan juta rupiah.

Selain itu, Anda pun perlu memikirkan untuk menyewa penulis / article writer untuk mengisi konten artikel / informasi dan menyewa ahli SEO (Search Engine Optimization) atau Digital Marketer agar konten informasi website Anda dioptimasikan dan dipromosikan dengan strategi yang tepat untuk dapat ditemukan oleh search engine seperti Google / Bing. Agar website Anda terkenal dan dicari banyak orang di internet, yang mana akan menjadi potensi besar mendatangkan customer / pembeli baru.

Rincian biaya pembuatan website pada umumnya terdiri dari:

  1. Biaya sewa jasa Web Programmer, untuk website biayanya dikisaran Rp. 500.000,- sampai Rp. 50.000.000,- tergantung dari jenis fitur website yang akan dibuat.
  2. Biaya sewa jasa penulis / article writer untuk mengisi konten artikel / informasi, biayanya sekitar Rp. 30.000,- an per 300 kata, atau Rp. 250.000,- an per artikelnya.
  3. Biaya sewa jasa ahli SEO / Digital Marketer, biayanya dikisaran Rp. 3.000.000,- sampai Rp. 30.000.000,- / bulan tergantung dari target / goal marketing website Anda ingin seperti apa.
  4. Biaya sewa server hosting untuk penyimpanan data, gambar, atau file-file yang digunakan pada website Anda, biayanya mulai dari $5 / bulan atau sekitar Rp. 70.000,- / bulan.
  5. Biaya opsional lainnya, seperti integrasi payment gateway, integrasi kurir jasa pengiriman, dan lain-lain, yang tentunya disesuaikan dengan kebutuhan website & usaha Anda nanti.

Selain biaya diatas, juga ada biaya yang perlu Anda keluarkan, yaitu biaya maintenance website, karena akan percuma, jika website keren yang Anda buat tidak ada yang merawatnya. Biaya maintenance ini sendiri tergantung dari kontrak kesepakatan yang Anda buat dengan perusahaan jasa pembuatan website Anda, bisa per tahun atau per bulan tergantung dari seberapa sering Anda akan melakukan update pada website Anda, jumlah pengguna website Anda, apa yang terjadi ketika website down atau bermasalah dan apa respon tim pembuat website Anda, bagaimana Anda menghandle keluhan, saran, dan kritik dari pengguna website Anda. Dan yang tidak kalah penting dalam memilih perusahaan jasa pembuatan website adalah komitmen dan kepercayaan yang diberikan kepada Anda, tidak hanya sekedar membuat tapi juga bertanggung jawab.

Demikian informasi mengenai harga atau biaya jasa pembuatan website dari kami.

Semoga bermanfaat.

Write a Comment

Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.